Kawasaki Resmi Mundur dari MotoGP

Tokyo - Kawasaki secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang MotoGP. Seperti ramai diberitakan sebelumnya, masalah keuangan menjadi sebab hengkangnya pabrikan Jepang tersebut.

Isu tentang mundurnya Kawasaki sudah santer beredar sejak akhir bulan lalu. Jumat (9/1/2009), kabar itu benar-benar menjadi kenyataan setelah seorang juru bicara tim mengonfirmasi hal tersebut pada Reuters.

"Kami sampai pada keputusan final bahwa kami tidak melanjutkan partisipasi di MotoGP," ungkap sang juru bicara, Katsuhiro Sato. "Keputusan ini merupakan sesuatu yang telah kami pertimbangkan sejak pertengahan Desember tahun lalu," tambah dia.

Kawasaki terjun di MotoGP sejak tahun 2003 dengan anggaran tahunan sekitar 4 milyar yen atau sekitar Rp 473 miliar. Selama lima tahun berkompetisi di rajanya balap motor tersebut, Kawasaki belum pernah memenangi satu seri pun.

Prestasi terbaik yang pernah didapat hanya menjadi runner up seri yang dicatat Randy de Puniet di Motegi musim 2007, Shinya Nakano di Assen musim 2006 dan Olivier Jacque di Shanghai musim 2005.

Keputusan mundur ini menjadi pukulan buat duo rider mereka Marco Melandri dan John Hopkins. Di mana kedua pembalap itu akan berlaga musim depan masih belum diketahui, meski sempat muncul isu kalau Tim Aspar akan mengambil alih.

Kawasaki merupakan pabrikan keempat yang mundur dari kegiatan olahraga otomotif. Sebelumnya Honda lebih dulu menarik diri dari F1, sementara Suzuki dan Subaru mundur dari Kejuaraan Reli Dunia. Keempat pabrikan Jepang itu mundur sebagai langkah penghematan akibat krisis finansial global.

Sumber detiksport.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.