#develop, Alat Alternatif Pengembangan Aplikasi Berbasis .NET Framework

Apa itu IDE ?

Sebuah aplikasi yang berjalan di komputer, dibuat dengan melalui proses yang panjang. Dimulai dari menuliskan kode program, melakukan kompilasi sampai akhirnya dapat dijalankan pada komputer. Alat yang dibutuhkan antara lain compiler untuk melakukan kompilasi dan editor untuk menuliskan kode program.

Dalam dunia pemrograman .NET, dibutuhkan compiler untuk mengkompilasi kode program menjadi bahasa yang dikenal komputer. Pada .NET Framework, compiler sudah tersedia dan berada dalam folder tempat .NET Framework terinstalasi.


Sebelum mulai menuliskan kode program, pengembang aplikasi perlu menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan, antara lain C#, VB.NET, J#, Delphi.NET, dan lain-lain. Pada tulisan ini akan dibahas IDE yang digunakan untuk menuliskan kode program dalam bahasa C#.

Kita bisa menggunakan alat paling sederhana, yaitu Notepad (Notepad.EXE). Aplikasi ini sudah tersedia pada sistem operasi Windows Anda. Kita dapat juga menggunakan alat gratis semacam Notepad++ (bisa diunduh dari http://notepad-plus.sourceforge.net/ ).

Namun alat yang disebutkan di atas, masih kurang nyaman jika digunakan untuk menuliskan kode program. Apalagi jika digunakan oleh pengembang aplikasi pemula. Dibutuhkan alat yang bisa digunakan untuk menulis kode program, bisa mengkompilasi, melakukan proses pencarian kesalahan kode, membuat paket pemasangan (instalasi), dan lain-lain.

Alat tersebut dikenal dengan istilah Integrated Development Environment (IDE). Pada dasarnya, IDE adalah alat yang digunakan untuk merancang aplikasi dan dilengkapi fitur-fitur penunjang pembuatan aplikasi. Mulai dari menulis kode program dengan tampilan yang nyaman dan kemudahan penggunaan sampai aplikasi bisa didistribusikan.

Namun biasanya, IDE yang lengkap dan canggih berharga mahal. Hanya perusahaan beranggaran besar yang sanggup membeli alat tersebut. Bagaimana dengan pengembang aplikasi yang mempunyai anggaran terbatas ? Jangan khawatir, saat ini sudah dikembangkan IDE berbasis freeware bahkan open source.

Microsoft mengeluarkan IDE yang bebas diunduh dan digunakan, yaitu Microsoft Visual Studio Express Editions. Alat ini cukup bagus dan lengkap untuk digunakan dalam pembuatan aplikasi.

Selain seri Express dari Microsoft, ada alternatif lain yang bisa dipilih. Salah satunya adalah #develop atau SharpDevelop. #develop bahkan bersifat open source, artinya Anda dapat mendapatkan kode sumber (source code) dari aplikasi ini. Menarik bukan ?

Awal Mula #develop

#develop atau SharpDevelop mulai dikembangkan sekitar tanggal 11 September 2000 oleh Mike Krüger. Awalnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan mempelajari bahasa C# saat Microsoft meluncurkan versi alpha dari .NET Framework.

Saat ini #develop terus berkembang dan menjadi salah satu IDE yang digemari untuk membangun aplikasi berbasis.NET. Digemari karena #develop adalah IDE yang bagus dan bersifat open source. Selain itu IDE ini sangat mudah dipelajari dan cukup memadai untuk membangun aplikasi serius berbasis .NET Framework.

Fitur pada #develop

#develop sebaiknya dipasang pada sistem operasi Windows XP atau Windows 2000 dengan service pack terakhir. Sistem operasi seperti Windows 98 atau Windows NT, tidak dapat menjalankan seluruh fitur-fitur dan kemampuan .NET Framework secara maksimal, sehingga #develop tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

#develop terdiri dari dua versi, versi 1.1 untuk .NET Framework 1.1 dan versi 2.0 untuk .NET Framework 2.0. Berkas paket pemasangan (file instalasi) dan kode sumber dari #develop bisa didapatkan pada situs http://www.icsharpcode.net/OpenSource/SD/. Anda bisa mengunduh dan mulai mempelajari dari situs tersebut. Dianjurkan untuk menggunakan #develop terbaru yang mendukung NET Framework 2.0.

#develop memiliki fitur-fitur seperti layaknya IDE komersial. Fitur-fitur itu antara lain :

  • Kustomisasi User Interface. Misal bentuk UI model Multiple Document Interface atau Single Document Interface.
  • Internasionalisasi. Kita dapat memilih bahasa yang digunakan pada #develop. Secara standar menggunakan bahasa Inggris, namun bisa dikembangkan untuk menggunakan bahasa Perancis, Jerman, China, bahkan bahasa Jawa.
  • Kustomisasi dalam kode program. Misal pemberian warna yang berbeda pada keyword, shortcut penulisan kode, otomatisasi/melengkapi kode, tampilan bantuan, dan lain-lain.
  • Template dan Wizard dalam menuliskan kode program.
  • Fasilitas pencarian dan penggantian kata.
  • Manajemen proyek yang memadai dan berbasis XML.
  • Kompilasi yang terintegrasi dalam IDE.
  • Fasilitas Debug atau pencarian error.
  • AddIn Manager, memungkinkan pihak ketiga untuk menambahkan fitur-fitur baru.
  • dan masih banyak fitur yang bisa digali.

Fitur-fitur tambahan tentu akan selalu dilengkapi, oleh karena itu kita perlu memantau situs http://www.icsharpcode.net/OpenSource/SD/ untuk mendapatkan release terbaru.

Pemasangan #develop

Sebelum melakukan pemasangan, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Lakukan pemeriksaan pada komputer Anda, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan #develop. Kebutuhan untuk pemasangan #develop adalah :
1. Processor minimum Pentium III atau sekelas
2. HardDisk space minimum 100 MB
3. Memori minimum 256 mb
4. .NET Framework 2.0

Unduh berkas #develop (misal bernama SharpDevelop2_2.0.0.1135Beta2_Setup.exe) dari situs http://www.icsharpcode.net/OpenSource/SD/.
Setelah berhasil diunduh, kita dapat melakukan pemasangan dengan mudah. Cukup dengan menekan tombol Next, aplikasi akan terpasang.

Berani mencoba ?

Sumber www.smitdev.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.